Rekomendasi

inilah Tips Cara mengobati sariawan

Tuesday, April 10th, 2018 - Tips Kesehatan


Salam Selamat Membaca Blog ini,
Jika Anda Serius Ingin Menambah Tinngi Badan Anda
Silahkan Klik
Disini
 

Cara mengobati sariawan – Sangat menejengkelkan memang jika kita terkena sariawan , apapun yang masuk ke mulut akan terasa perih dan pahit , membuat selera makan juga hilang . Banyak sekali faktor penyebab dari penyakit sariawan ini , salah satu yang paling kuat yakni kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh akan mudah terkena sariawan , begitu juga bagi orang-orang yang jarang mengkomsumsi buah akan lebih cepat terserang sariawan ini .

Saat sesorang terkena sariawan , biasanya radang tenggorokan juga akan ikut perih dan di iringi dengan panas dalam  serta mual di mulut . Sariawan sedniri terjadi selain kurangnya vitamin C , juba bisa dikarenakan kebersihan mulut yang tidak dijaga dan sering memakan makanan dengan kandungan santan yang tinggi di terik siang hari yang panas dan Dia minum dengan air es dingin .

Gejala sariawan ini awalnya seperti panas dalam , tenggorokan kering dan nafas terasa seret , seakan-akan ada sesuatu yang menhambat jalurnya udara dari paru-paru ke mulut dan hidung . Orang yang sering terkena sariawan ini biasanya anak kecil yang amsih berusia 5 hingga 12 tahunan yang sangat menyukai jajan di sembarang tempat , Namun pada kenyaanta saat ini juga banyak kita temukan orang dewasa yang terkena gejala sariawan ini , mungkin dikarenakan pola hidup juga yang kurang sehat .

Sariawan memang tidak tergolong penyakit yang berbahaya , namun tentunya akan berakibat fatal jika kita tidak segera mengobatinya . Salah satu akibat fatal jika kita tidak segera melakukan pengobatan yakni , area rongga mulut dan tenggorokan akan sangat kering hingga mengakibatkan mulut menjadi perih , terdapat bercak-bercak luka di bibir dan rongga mulut yang lambat laun akan menjadi luka yang cukup parah jika dibiarkan . Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi alangkah lebih baiknya jika kita mencegahnya dengan cara dibvawah ini :

  • cukupkan asupan vitamin C setiap hari
  • tidak mengkomsumsi kopi juga tidak merokok
  • banyak minum air putih , minimal 8 gelas sehari
  • istirahat yang cukup
  • hanya makan-makanan yang sehat dan baik akan gizi
  • tidak berlebihan minum air es/dingin
  • Rajin sikat gigi dan berkumur setiap hari
  • Kurangi jenis masakan yang bersantan kental

Tps diatas memang terbilang sangat sederhana , namun jika Anda praktekan maka hasilnya akan bisa dirasakan dalam beberapa hari saja , kesehatan badan dan mulut Anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya , Untuk Anda yang terlanjut kena sariawan , kami sarankan untuk melakukan pengobatan dengan cara alami seperti dibawah ini :

Cara mengobati sariawan dengan pepaya

Cara mengobati sariawan di lidah sama dengan pengobatan sariawan pada bibir maupun dinding mulut. Buah pepaya dapat menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi sariawan. Caranya, konsumsi buah pepaya yang sudah matang secara rutin pagi dan sore. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk sehingga lebih efektif untuk mengatasi sariawan. Rasa buah pepaya yang lezat juga menjadikannya cocok sebagai cara mengobati sariawan pada anak.

Cara mengobati sariawan dengan air kelapa

Air kelapa dapat menjadi salah satu cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak – anak.Air kelapa tersebut dapat digunakan untuk kumur atau diminum.

Cara mengobati sariawan dengan yoghurt

Susu fermentasi ini ternyata juga dapat menjadi cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Yoghurt akan membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam mulut dan tubuh karena mengandung bakteri baik acidophilus. Dengan demikian, proses pengobatan sariawan juga akan lebih cepat.

Cara mengobati sariawan dengan bawang putih

Selain dapat mengobati sakit gigi, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan. Caranya, tumbuk satu siung bawang putih sampai halus. Tempelkan bawang yang sudah ditumbuk tersebut pada bagian luka sariawan. Memang awalnya terasa sangat perih, tetapi sakit tersebut lama kelamaan akan berangsur hilang dan sariawan juga cepat hilang.

Cara mengobati sariawan dengan  kantong teh

Bagi Anda yang sering membuat teh celup, jangan buang kantong tersebut karena Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat untuk sariawan. Caranya sangat mudah yaitu tempelkan kantong teh yang sudah diseduh pada luka sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan kulit batang jambu air

Kulit batang pohon jambu air yang masih muda merupakan salah satu bahan alami yang mujarab untuk mengatasi sariawan. Caranya, ambil kulit batang jambu air yang masih muda sekitar 10 gram. Bersihkan kemudian tumbuk sampai halus. Rebus dengan segelas air. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Hasil yang diperoleh dengan pengobatan ini cukup singkat dan tidak kalah efektif dengan obat sariawan di apotik.

Cara mengobati sariawan dengan air garam

Air garam selama ini dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi, Selain itu, air garam ternyata juga dapat menjadi obat sariawan yang manjur. Kandungan sodium yang tinggi dari garam mampu membunuh bakteri penyebab sariawan dan mempercepat pengeringan luka. Caranya, siapkan segelas air hangat dan campurkan dengan 2 sendok makan garam. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Cara mengobati sariawan dengan kopi bubuk

Selain kantong teh dan bawang, bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan dengan cara ditempelkan adalah kopi. Cara mengobati sariawan di gusi hampir sama, usapkan sedikit bubuk kopi hitam pada bagian sariawan. Diamkan selama beberapa menit kemudian kumur – kumur sampai bersih. Dengan cara ini sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 atau 3 hari.

Cara mengobati sariawan dengan daun kemangi

Daun kemangi merupakan bahan alami yang dapat menjadi obat sariawan di tenggorokan. Daun kemangi memiliki sifat antiseptic yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada sariawan. Cara pengobatan sariawan dengan daun kemangi juga sangat mudah yaitu kunyah 5 lembar daun kemangi.Dengan cara ini, sariawan juga akan sembuh dengan sendirinya.

Cara mengobati sariawan dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan

Selain mengkonsumsi pepaya, mengkonsumsi buah – buahan lain juga sangat dianjurkan sebagai cara mengobati sariawan secara alami agar sariawan dapat segera sembuh. Jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita sariawan adalah buah – buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, tomat, dll. Selain itu buah – buahan juga mengandung antioksidan dan mineral penting yang dibutuhkan untuk kebugaran tubuh .

Anda bisa mencoba salah satu tips diatas saat terkena gejala sariawan , silahkan pilih saja salah satu tips yang menurut Anda mudah untuk dilakukan . Karena pada dasarnya setiap orang yang sering mengkomsumsi buah dan sayur setiap hari maka kesehatan mulut dan juga tubuhnya akan jauh lebih baik . juga tidak mudah terserag penyakit apapun , karena memiliki daya imunitas yang kuta . Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan , semoga bermanfaat .

 

Jika anda serius ingin menambah tinggi badan anda silahkan klik disini