Home » Jerawat » 8 Obat Jerawat Tradisional dan Cara Memakainya

8 Obat Jerawat Tradisional dan Cara Memakainya


Salam Selamat Membaca Blog ini,
Jika Anda Serius Ingin Menambah Tinngi Badan Anda
Silahkan Klik
Disini
 

8 Obat Jerawat Tradisional dan Cara MemakainyaObat jerawat tradisional dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mungkin sudah jenuh dengan berbagai produk kecantikan yang tidak kunjung memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan. Bahkan terkadang beberapa produk yang menjanjikan menghilangkan jerawat dalam waktu singkat ternyata malah membuat jerawat semakin parah.

Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi lebih berhati-hati dalam memilih produk untuk mengatasi masalah jerawat Anda, apalagi saat ini banyak beredar produk-produk yang menawarkan janji-janji mengatasi jerawat dalam waktu singkat.

Sekilas Tentang Jerawat
Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang diakibatkan oleh sumbatan yang terdapat pada pori-pori kulit, sehingga membuat kulit infeksi atau meradang yang biasanya akan membentuk bintik merah yang berisi kantung nanah, dan membuat wajah Anda nampak kotor dan menjadi kurang menarik. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya jerawat, diantaranya adalah :

  • Perubahan hormon, terutama pada masa puber atau masa peralihan dari anak-anak ke remaja (12-17 tahun)
  • Terlalu sering begadang, kebiasaan ini dapat membuat proses regenerasi sel dan jaringan tubuh yang rusak atau mati menjadi tidak maksimal, karena pada saat tidur dimalam hari merupakan masa dimana proses regenerasi terjadi. Kebiasaan begadang dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu.
  • Pola makan yang tidak sehat, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak membuat resiko timbulnya jerawat semakin besar.
  • Memiliki jenis kulit berminyak dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap jerawat.
  • Malas membersihkan wajah setelah memakai produk kosmetik, terutama sebelum tidur
  • Tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sehingga banyak debu dan kotoran yang berpotensi menjadi penyebab jerawat
  • Sedang dalam stress karena tekanan emosi yang terjadi dalam jangka waktu yang lama
  • Sering menyentuh kulit wajah dengan tangan yang mungkin terkontaminasi dengan kotoran atau kuman penyebab jerawat.

8 Obat Jerawat Tradisional dan Cara Pemakaiannya

Setelah mengetahui sekilas tentang jerawat dan apa saja penyebabnya diatas, maka selanjutnya adalah mengetahui 8 obat jerawat tradisional dan cara memakainya, yaitu :

Madu dan kayu manis
Madu merupakan bahan herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, sedangkan kayu manis memiliki kandungan anti-mikroba, sehingga dapat mengatasi bakteri dengan mudah. madu memiliki sifat anti-biotik alami, sehingga sangat baik bila dipadukan dengan kayu manis.

Cara memakainya :
Siapkan 2-3 sendok makan madu, tuang ke dalam wadah yang bersih, setelah itu ambil 1 sendok teh kayu manis yang telah menjadi bubuk (cinnamon). Campur dan aduk kedua bahan sampai berubah menjadi seperti pasta, setelah itu oleskan pada seluruh permukaan wajah Anda selama 10-15 menit.

Kemudian oleskan secara merata keseluruh wajah dan biarakan selama 10-15 menit, bila sudah kering, tepuk-tepuklah wajah Anda dengan lembut. Untuk membersihkannya sebaiknya gunakan kain lembut untuk menghapusnya karena pasta perpaduan antara madu dan kayu manis ini sangat lengket dikulit.

Belimbing Wuluh
Kaya akan falvonoid, oksalat, tanin, pectin, asam ferulat dan asam galat membuat belimbing wuluh kami rekomendasi sebagai obat jerawat tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi jerawat.

Cara pemakain :
Siapkan 4-5 buah belimbing wuluh, setelah itu cuci hingga bersih, haluskan dengan cara ditumbuh, setelah itu campurkan dengan garam secukupnya, dan remas-remas sampai lembut, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, biarkan selama 10-15 menits dan sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari.

Putih Telur
Kandungan protein dan vitamin putih telur membuatnya sangat bermanfaat untuk mempercepat proses regeneerasi sel-sel kulit yang rusak dan mati. Selain itu putih telur juga sangat baik untuk jenis kulit yang berminyak karena dapat menyerap kelebihan produksi minyak pada wajah, sehingga dapat menekan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Cara pemakaian :
Ambil 2-3 telur mentah setelah itu pisahkan antara bagian putih dan kuning telur. Siapkan mangkuk dan kain lembut. Cucilah dengan air wajah Anda setelah itu keringkan, oleskan putih telur pada seluruh wajah, terutama pada bagian wajah yang berjerawat, tunggu sampai kering, dan kemudian oleskan kembali putih telur, bisa diulangi sebanyak 1-3 kali. Setelah itu biarkan selama 15-20 menit, dan bilaslah dengan menggunakan air bersih yang hangat, setelah itu keringkan dengan menggunakan kain yang lembut.

Tomat
Sangat kaya akan vitamin A, C , B1, protein, kalsium, fosfor dan zat besi membuat tomat menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain itu tomat sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun modern.

Cara pemakaian :
Pilihlah toma yang segar, matang dan berwarna merah, setelah itu potonglah tomat menjadi beberapa bagian (ukuran sedang). Setelah itu gosokkan pada wajah dengan lembut, utamakan di bagian yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 5-10 menit , setelah itu cucilah wajah dengan menggunakan air hangat. Dapat dilakukan 3-4 kali sehari.

Kulit Jeruk
Salah buah yang sangat kaya akan vitamin C adalah jeruk, sehingga memiliki khasiat untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan membuat kulit tetap kencang dan awet muda karena dapat meremajakan sel-sel dan jaringan kulit yang telah rusak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya jangan menggunakan kulit jeruk secara langsung, akan tetapi kulit jeruk yang telah dipisahkan dari buahnya di cuci bersih, kemudian di haluskan dengan menggunakan blender sampai halus.

Cara pemakaian :
Cucilah wajah Anda terlebih dahulu sampai bersih, setelah itu campurkan kulit jeruk yang telah dihaluskan dengan sedikit air sampai berubah menjadi seperti pasta. Setelah mendapatkan jumlah dan campuran yang cukup untuk wajah Anda, oleskan secara merata, diamkan selama 25-30 menit. Kemudian bilaskan wajah dengan air sampai bersih.

Daun samiloto, temulawak, kunyit dan madu (untuk mengatasi jerawat batu)
Bila Anda merasa sangat terganggun dengan ukuran jerawat pada wajah Anda yang besar atau biasa juga disebut dengan jerawat batu maka campuran 15-20 gram daum sambiloto kering, 25-30 gram temulawan, 20-25 gram kunyit dan madu secukupnya akan mengatasinya dalam waktu yang cepat.

Cara pemakaian:
Siapkan semua bahan, cuci sampai bersih, setelah itu rebuslah dengan 600 cc air (3 gelas) sampai tersisa setengahnya. Setelah suhu air telah berubah menjadi hangat, saringlah airnya dan tambahkan dengan madu untuk membuat rasanya lebih enak. Sebaiknya diminum saat airnya masih hangat, lakukan 1-2 kali sehari secara rutin.

Obat jerawat tradisional sebaiknya menjadi pilihan utama dalam usaha untuk mengatasi jerawat dibandingkan dengan menggunakan berbagai produk kosmetik yang mengandung zat kimia yang belum tentu cocok dengan kulit Anda, karena bila salah memilih maka dapat menyebabkan jerawat semakin banyak, bahkan dapat merusak kulit wajah.

Sedangkan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional umumnya tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak cenderung berjerawat dan kulit kering cenderung sensitif

Semoga uraian diatas dapat memberikan Anda tambahan informasi yang bermanfaat dan yang terpenting adalah bahan-bahan tersebut diatas sangat mudah didapatkan, sehingga dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang mungkin saat ini sedang mencari obat jerawat tradisional.

Jika anda serius ingin menambah tinggi badan anda silahkan klik disini